Selasa, 06 Agustus 2013

Bali memang sangat terkenal dengan pantainya. Selain digunakan sebagai tempat berjemur dan menyaksikan pemandangan matahari terbenam, pantai di Bali juga sering digunakan sebagai sarana olahraga air seperti diving, snorkeling, ataupun surfing. Bali memiliki beberapa lokasi surfing terbaik di Indonesia.

Untuk surfing atau selancar air memang di Bali merupakan surga bagi penikmat olahraga yang menantang ombak dilaut ini. Tapi umumnya pantai di bali bagus sekali untuk para pemula karena karakter ombak yang tak terlalu besar. Berikut beberapa pantai yang menjadi tempat favorit para surfer lokal ataupun dunia untuk menaklukkan ombak di pantai :



Pantai Kuta merupakan pantai yang paling terkenal di Bali. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Bali pasti akan mengunjungi pantai ini. Selain keindahan pemandangan sunset-nya, pantai Kuta juga digemari karena ombaknya yang besar. Jadi tak heran banyak para peselancar yang memanfaatkan ombak di pantai ini untuk menyalurkan hobinya. Ombak di Pantai Kuta relatif besar karena menhadap langsung dengan Samudera Hindia.




Pantai Balangan terletak di kawasan perbukitan putih Pecatu, bagian selatan pulau Bali. Pantai Balangan memiliki pasir putih yang menghampar sepanjang 200 meter. Pantai ini terkenal akan keindahan sunsetnya dan gulungan ombaknya. Bagi sobat yang akan berselancar di pantai ini, harap hati-hati dengan sentuhan karang saat berhenti di tepi pantai. Musim terbaik untuk berselancar di pantai ini adalah saat musim kemarau karena membuat angin mengalir dari timur ke barat membuat gelombang menjadi besar dan sempurna untuk berselancar.

3. Echo Beach
Pantai Echo Beach terletak di Desa Canggu, Kecamatan Kuta utara, Kabupaten Badung. Jarak tempuh kelokasi ini lebih kurang 14 km dari kota Denpasar dan kira-kira 48 menit perjalanan bila menggunakan kendaraan bermotor dari Bandara Ngurah Rai Bali.

Kawasan pantai Echo Beach berada diatas karang namun pada sisi pantainya terdapat pasir yang landay. Pantai ini bersebelahdengan pantai Canggu sedangkan garis pantainya sama dengan pantai Kuta dan Legian.

Suasana di pantai ini relatif tenang dancocok bagi para wisatawan yang menyukai kenyamanan. Banyak wisatawan manca negara datang kesini untuk berjemur, berenang maupun berselancar sambil menikmati indahnya panorama alam saat matahari terbenam (sunset).
Kawasan pantai Echo Beach ini konon dulunya bermana Batu Mejan, setelah dibangunnya Restaurant Echo Beach, untuk gampang diingat oleh para wisatawan manca negara yang datang pantai ini dinamakan Echo Beach. Nama tersebut terus terpakai sampai sekarang.
Penduduk sekitar saat ini hanya 30% bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan, ini bisa terlihat dari sawah yang ada ketika akan menuju lokasi sedang perahu nelayannya terdapat dipesisir pantai. Seiring perkembangan zaman dan banyaknya wisatawan yang datang ke pantai Echo Beach, tanah dan persawahan yang berada dikawasan sekitar pantai banyak yang dijual dan disewakan untuk dijadikan fasilitas pendukung kepariwisataan.
Untuk menjaga kebersihan pantai Echo Beach, para peselancar yang tergabung dalam Club Surf Community atau di singkat (CSC) berkerjasama dengan sekolah surfing rutin melakukan gotong royong untuk membersihkan sampah-sampah yang berada diarea pantai.


4. Pantai Medewi


Pantai Medewi merupakan salah satu daerah tujuan wisata tirta yang berlokasi di Desa Medewi, termasuk di dalam wilayah Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Daerah Tingkat II Jembrana. Menuju obyek wisata pantai Medewi sangat mudah dengan kendaraan bermotor karena berada sekitar 100 meter dari jalan raya jurusan Denpasar menuju Gilimanuk. Dari ibukota Denpasar hingga sampai di kawasan pantai Medewi akan menempuh jarak lebih kurang 72 km atau memakan waktu perjalanan sekitar satu setengah jam. Sepanjang perjalanan menuju kawasan pantai Medewi akan menemukan pemandangan berupa sawah-sawah yang berjajar di sepanjang tepian pantai. Bila sedang musim panen maka persawahan tersebut akan terlihat indah dan mempunyai keunikan tersendiri.
Pantai Medewi merupakan kawasan pantai yang berbatu-batu dengan memiliki ombak-ombak yang besar. Pantai ini sangat baik untuk wisata berselancar (surfing). Pantai ini berbentuk landai pada bagian sebelah baratnya dengan lekukan ke arah selatan di mana terdapat jajaran perahu-perahu nelayan (jukung) yang ditambatkan sehingga menambah keindahan panorama pantainya. Bila menjelang sore hari di pantai ini, pengunjung dapat pula menyaksikan pemandangan alam yang indah di mana akan terlihat saat-saat matahari akan terbenam (sunset). Dari atas pantai yang sudah dipasang sandaran, setiap pengunjung dapat menikmati keindahan panorama laut sekitar Medewi dengan ombak-ombaknya yang besar sambil duduk-duduk


5. Pantai Balian


Pantai Balian (Balian Beach), salah satu pantai di Tabanan. Berada di wilayah Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat dan merupakan surga bagi para surfer. Pantai yang berada di bagian barat Tabanan ini memiliki ombak yang tinggi, sehingga tempat favorit bagi turis penghobi surfing. Terletak pada ruas jalan utama yang mengubungkan antara Jembrana dan Denpasar. Pantai Balian bisa ditempuh dengan jarak 60 km atau sekitar 2 jam perjalanan dari Bandara Udara Ngurah Rai di Denpsar, atau 84 km dari pelabuhan Gilimanuk, Jembrana. Bila anda datang dari Bandara Udara Ngurah Rai, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor atau mobil yang dapat anda sewa di rental kendaraan. Banyak sekali tempat – tempat yang menyediakan rental kendaraan di sekitar kawasan Bandara Udara Ngurah Rai. Perlu diketahui, harga – harga sewa mobil atau motor rental di Bali sangatlah terjangkau, mulai dari 50 – 175 ribu. Oleh karena letak nya yang sangat strategis, membuat pantai indah di Tabanan ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun domestik. Jangan lupa untuk mencari penginapan murah disekitar sana. (penginapan murah disini)




Artikel Lain :