Selasa, 13 Agustus 2013

Sineas yang suskes menggarap SAW dan INSIDIOUS kembali menyuguhkan karyanya yang lain kepada penonton dunia, THE CONJURING. James Wan menggarap sebuah kisah horor supranatural dengan gaya film horor jadul seperti halnya THE EXORCIST. Wan bahkan percaya diri tak menyertakan banyak bantuan CGI dalam filmnya tersebut. Pepatah "less is more" tepat menggambarkan film terbarunya ini.
Terbukti THE CONJURING berhasil menduduki posisi terlaris di chart box office Amerika Serikat meski hanya sepekan. Tak hanya itu THE CONJURING pun hingga kini menjadi perbincangan hangat di jejaring-jejaring sosial. Mengenai kengerian filmnya memang harus ditonton langsung di dalam bioskop, akan tetapi 5 hal teknis ini makin membuat film tersebut mengerikan bahkan sebelum kamu menontonnya.
Alasan yang membuat The Conjuring "Asli Ngeri, bikin Tegang" :

1. Tempat syuting angker

Wilmington, tempat syuting dari film THE CONJURING dipercaya adalah tempat angker dan berhantu. Para kru tak henti-hentinya menceritakan pengalaman mereka seperti ada suara di malam hari serta ada benda yang bergerak sendiri saat tak ada orang. Bintang utamanya, Vera Farmiga bahkan mengaku selalu terbangun tiap jam tiga dini hari.

Fakta lain yang cukup mengerikan juga terjadi pada sang produser Peter Safran dan Vera Farmiga (lagi). Pihak studio mengirim naskah filmnya untuk ditawarkan kepada Vera pada bulan Desember. Setelah beberapa waktu, studio pun menghubungi Vera untuk menanyakan kepastian. Vera menanggapi dengan ingin berbicara langsung kepada James Wan lewat Skype. Tepat pada saat ia ingin menyalakan Skype di pagi hari ia melihat ada bekas genggaman jari di komputernya. Tak ada yang bisa menjelaskan peristiwa ini termasuk Vera sendiri.

The Conjuring, film arahan sutradara Insidious, James Wan, ini sukses berada di puncak Box Office. Namun rupanya kesuksesan The Conjuring punya dampak buruk tersendiri, khususnya bagi pemilik dan penghuni asli rumah berhantu di film tersebut.
Director : James Wan

Seperti yang sudah diketahui, The Conjuring adalah film yang diangkat dari kisah nyata keluarga Perron di tahun 1970-an. Saat ini, rumah berhantu yang ada di film tersebut telah dihuni Norma Sutcliffe dan suaminya. Mereka sendiri sudah tinggal di rumah itu selama sekitar 25 tahun.

Norma mengatakan bahwa sejak The Conjuring meledak di pasaran, rumahnya kerap didatangi oleh orang tak dikenal. Kemungkinan besar orang-orang tersebut adalah mereka yang sudah menonton The Conjuring dan penasaran dengan rumah asli di film itu.

"Kami tidak tidur selama berhari-hari, karena kami selalu terbangun jam 2 pagi gara-gara ada orang yang menerangi halaman rumah dengan senter," kata Norma.

Selain itu Norma mengaku sering menerima telepon yang menanyakan "apakah ini rumah di The Conjuring?" dan itu sangat mengganggunya. Norma juga kecewa karena rumahnya dipublikasikan oleh pihak film—yang mungkin untuk kepentingan promosi film—tanpa meminta izinnya. Hal ini membuat banyak orang bisa menemukan rumahnya dengan mudah, termasuk nomor telepon.

"(Film) ini sangat mempengaruhi kami secara fisik dan emosi dan aku tidak tahu sampai kapan kami bertahan," kata Norma.

"Kami menghabiskan uang kami untuk rumah ini, kami ingin meninggal di rumah ini. Ini adalah rumah indah yang penuh sejarah, dan sekarang sudah tidak dihargai sama sekali," keluhnya


2. Sosok hantunya tak bakal diumbar

Bikin penasaran, takut-takut tapi pengen lihat. Seperti itulah kesannya saat menonton film ini. Wan mengaku ingin membuat hantu dalam filmnya ini punya efek mengerikan yang sama dengan sang hiu dalam film JAWS karya Steven Spielberg. Oleh karenanya ia tak bakal mengumbar sosoknya hingga saat yang tepat di akhir cerita.

"Ini adalah film dimana saat sang tokoh utama berjalan di koridor lantas penonton berujar 'Apakah aku baru saja melihat ada orang di belakang korden?'," ujar Wan. Ia memang ingin membangun tensi penonton hingga memuncak menjelang akhir film.

3. Hantu dalam film lebih menakutkan dari yang asli

Sutradara film ini sengaja mendatangkan para anggota keluarga Perron ke lokasi syuting untuk memberikan masukan. Salah satu anggota keluarga tersebut diberitahu sosok hantu yang nantinya dalam film menghantui mereka. Produser Rob Cowan menyangka bahwa keluarga tersebut pastinya akan baik-baik saja mengingat mereka telah melihat hantu yang sesungguhnya. Yang terjadi adalah mereka terkaget saat melihat sosok hantu dalam film. Ini berarti satu hal, hantu dalam film lebih mengerikan dari hantu sungguhan. hiii...

4. Saat kerasukan sangat menyeramkan

Taylor yang memerankan Carolyn Perron membocorkan kepada media bahwa ia bakal mendapat banyak riasan terkait dengan adegan kerasukannya dalam film. Ia bahkan menganalogikannya seperti gejala rabies. "Memang ada bantuan sedikit CGI namun yang pasti semua akan tersaji dengan cara yang lama," ujarnya. Dan seperti yang kita tahu, film horor klasik terbukti lebih melekat di benak.

5. Selalu bersiap akan setiap kejutan

Selalu bersiap akan setiap adegan yang mengejutkan agar kalian tidak berteriak karena kaget. Seperti di trailernya yang sangat buat kita jantungan.

6. Shoot yang paling menyeramkan saat basheda menggendong boneka anabelle

Ini adalah adegan menyeramkan yang juga menjadi sampul depan film ini

7. Cerita dan sosok di Film ini adalah kisah nyata
Foto boneka yang asli

Salah satu elemen yang menakutkan dari film THE CONJURING adalah keberadaan boneka yang dirasuki setan, Annabelle. Tak hanya ada dalam film saja, boneka ini ternyata juga benar-benar ada di dunia nyata. Pasangan paranormal Ed dan Lorraine Warren yang menjadi saksi hidup betapa mengerikannya boneka ini kini menyimpannya di museum angker mereka. Meski dalam filmnya boneka tersebut didesain dengan lebih mengerikan (aslinya hanya boneka biasa), fakta sejarah boneka ini sungguh mengerikan. Annabelle ternyata benar ada dan menghantui dua orang mahasiswi di Amerika.

Baca juga, Sinopsis Film Conjuring!




Artikel Lain :