Selasa, 16 Juli 2013

Kondisi Jalanan di daerah Kabupaten sangat memprihatinkan "Benyah Latig". Entah kemana APBN daerah dialokasikan dananya. Jangan Heran Bahkan disamping kantor DPRD Tabanan saja tepatnya tanjakan menuju Perum BTN Sanggulan bergelombang dan takkunjung di mperbaiki. Coba bayangkan di daerah yang agak pelosok. Kalaupun ada jalannya yang bagus, itupun karena hasil swadaya atau karena ada orang berpengaruh, kelompok berpengaruh dan partai berpengaruh yang ada disana.

Misal yang tidak jauh dari kota Tabanan yaitu desa Bongan. Harapan masyarakat di Desa Bongan, Kecamatan Tabanan memiliki jalan beraspal rupanya masih sebatas harapan. Pasalnya jalan melingkar dari Banjar Bongan Gede, Bongan Tengah, Bongan Timbul, Bongan Lebah hingga Bongan Jawa kondisinya sangat memprihatinkan. Kondisi jalan sebagian besar rusak. Batu kerikil lepas berserakan, ditambah lubang menganga seakan dijumpai di setiap jengkal langkah.

Kondisi ini sungguh ironis, padahal di Desa Bongan merupakan lokasi perumahan dinas para pejabat di Pemkab Tabanan. Seakan pejabat tutup mata dengan kondisi jalan di Desa Bongan.

Hal ini diperparah ketika, beberapa pejabat politik sempat mesimakrama menyampaikan janji-janji politiknya akan segera mengaspal jalan sepanjang kurang lebih 3 km tersebut. Namun hal itu tak kunjung tiba.

“Tiga bulan lalu beberapa bapak-bapak pejabat politik senior di Tabanan datang ke desa bongan. Mereka berjanji akan memperjuangkan pengaspalan jalan. Namun sampai sekarang kok belum ada realisasi,” jelas Pak Rama salah satu warga Bongan Gede, Minggu (14/7) .

Beberapa bulan setelah para pejabat mesimakrama, memang ada petugas yang melakukan pengukuran. Entah itu petugas dari PU Tabanan atau bukan yang jelas waktu itu harapan memiliki jalan mulus tanpa lubang mulai ada. Namun harapan itu tetaplah hanya harapan. Karena hingga sekarang tidak ada tindaklanjut.

“Warga banyak yang pakrimik dan mempertanyakan kapan jalanya diaspal,” tambahnya. Yang membuat, warga tambah kecewa para politisi senior yang sempat mesimakrama tidak menepati janjinya untuk mengaspal jalan Bongan.

Sementara itu Kabid Binamarga Dinas PU Tabanan I Ketut Simbar beberapa waktu lalu menjelaskan perbaikan Jalan di Desa Bongan menjadi perioritas.

“Permohonannya sudah masuk ke dinas dan sudah masuk dalam daftar utama perbaikan,” jelasnya dua bulan lalu. Ia pun memperlihatkan lampiran daftar nama-nama Desa yang mendapatkan perbaikan jalan. Dalam daftar tersebut memang tercantum perabaikan jalan di Desa Bongan ada di nomor urut satu dengan panjang sekitar 2 km.

“Desa Bongan sudah masuk daftar nomor urut satu dalam perbaikan jalan, ini daftarnya,” jelas Simbar sembari menyodorkan list daftar desa yang mendapatkan perbaikan jalan.

Kepal Dinas PU Tabanan IGN Anom belum bisa dikonfirmasi mengenai perbaikan jalan di Desa Bongan. Ketika dihubungi lewat SMS tidak ada jawaban.

Kalau mau jalan cek jalan yang lebih hancur, ada di kecamatan pupuan keselatan padangan hingga pasut. Reputasi kehancuran jalan disana sudah terkenal ditambah tekstur daerah disana yang pegunungan.





Artikel Lain :