Jumat, 16 Agustus 2013

Cara meng-Overclock Android? Untuk meng-Overclock Android, dengan syarat :

1. HP anda sudah di root.
Belum di root? ini cara root. Syukur-syukur bila anda memakai custom rom seperti Cyanogen Mod. Anda tidak perlu lagi susah-susah karena didalam Performance di menu settings Cyanogen Mod sudah terdapat pilihan overclocking.

2. Menginstall aplikasi Overclocker Android, salah satunya yang paling terkenal, SetCPU.
SetCPU adalah satu dari sekian banyaknya aplikasi Overclocking Android untuk mengubah pengaturan CPU pada smartphone atau tablet & phablet bersistem operasi Android. SetCPU bisa bekerja dengan berbagai macam perangkat Android dan ROM, diantaranya termasuk HTC One series, Samsung Galaxy series, dan beberapa perangkat Nexus lain dan bekerja dengan baik pula di Sony Xperia series. Jika anda memakai SetCPU  anda harus bersiap-siap merasakan sensasi SetCPU karena SetCPU dapat meningkatkan kinerja smartphone Android anda, menghemat baterai, atau bahkan kedua-duanya.

SetCPU memungkinkan kita untuk mengatur profil clock processor Android dalam kondisi tertentu seperti pada app apa saja yang berjalan, pada waktu sedang sleep atau charging, pada waktu ketahanan baterai turun di bawah titik tertentu, pada saat suhu telepon terlalu tinggi atau selama waktu tertentu dalam sehari. Lihat screenshot dibawah sebagai contoh bagaimana anda dapat mengatur profil.

Pada SetCPU terdapat banyak pilihan menu. Ada Main yang merupakan menu utama dari SetCPU, Profiles yang berguna untuk mengatur settingan SetCPU, Governor yang fungsinya hampir sama seperti Profiles. Hanya saja bila Profiles lebih menitik beratkan kepada kapan SetCPU akan bekerja sedangkan Governor sendiri merupakan Profiles dari management frekuensi processor.

Untuk lebih jelasnya mengenai Governor baca Android CPU Governors Explained.

Sayangnya SetCPU ini bersifat Premium. Anda diwajibkan membayar sebesar $1.99 untuk membelinya melalui Google Play. Tapi tenang. Silahkan cari di Google untuk mendapatkan versi gratisnya. Saat ini SetCPU sudah sampai di versi 3.1.1. Silahkan cari yang mempunyai versi itu atau yang mendekati.

Jadi seperti itu lah Tutorial Bagaimana Cara meng-Overclock Android. Anda bisa dengan bebas meng-Overclock handset anda sesuka-suka anda. Yang perlu diperhatikan, Overclock sebijak mungkin. Jangan serakah misal default clock anda 600MHz anda naikkan menjadi 1000MHz. Bukan menambah RAM dan Mempercepat Performa Android anda yang ada malah merusak processor Android anda.




Artikel Lain :