Sabtu, 17 Agustus 2013

Menyusut...! Sebuah kata kerja yang membuat semua orang akan merasa ngeri begitu mendengarnya. Dan buat kamu yang sering menderita migrain dan depresi, kemungkinan hal ini akan terjadi pada otak mu, menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Neurology.
Para peneliti menemukan baik yang menderita sakit kepala atau depresi (10 persen orang Amerika) yang memiliki otak berukuran normal, rata-rata akan menyusut hingga 2 persen lebih kecil.
Sementara sulit untuk menyingkirkannya, migrain dan depresi dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kita, penurunan 2 persen volume otak tidak cukup untuk mengatasi dampak yang akan terjadi akibat pengaruh kehidupan sehari-hari, kata Larus Gudmundsson, Ph D., peneliti dari National Institute on Aging.
Tapi kamu tak perlu terlalu khawatir, karena masih ada cara untuk mencegah penyusutan otak dengan meningkatkan asupan vitamin B12. Sebuah penelitian terbaru dalam jurnal Neurology tertulis bahwa ketika seseorang dengan kadar vitamin yang rendah akan memiliki otak yang lebih kecil.
Untuk itu, konsumsi lah bahan-bahan makanan yang kaya kandungan vitaminnya seperti pada telur, daging, ikan, dan susu.




Artikel Lain :