Rabu, 14 Agustus 2013

Obat Alami Asam Urat - Kulit Manggis dan Daun Sirsak. Siapa yang tidak kenal dengan kedua bahan alami ini? Sudah tentu anda tau bukan? Namun tahukah anda dalam kulit manggis dan daun sirsak terdapat kandungan yang luar biasa dan mampu menyembuhkan penyakit asam urat? Mungkin dalam hal ini tidak banyak masyarakat yang tau. Dan melalui tulisan ini kami akan menjelaskan apa saja kandungan yang terdapat pada kulit manggis dan daun sirsak, dan bagaimana khasiatnya dalam menyembuhkan penyakit asam urat. Berikut penjelasannya.

Apa itu Asam Urat?
Obat Alami Asam Urat - Penyakit Asam Urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Dimana kristal kristal kecil yang merupakan hasil dari metabolisme dalam tubuh yang mengandung kadar purin tinggi dan tidak mampu dikeluarkan oleh ginjal melalui urine, sehingga menumpuk pada persendian. Menimbulkan gejala seperti bengkak dan memerah pada jaringan sendi (biasanya menyerang sendi jari jari kaki dan tangan), sendi terasa kaku, dan rasa nyeri yang luar biasa.

Penyakit asam urat disebabkan antara lain karena produksi asam urat karena nutrisi, yaitu mengkonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Purin adalah salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein. Meningkatnya produksi asam urat juga dapat disebabkan karena obat – obatan, obesitas (kegemukan), hipertensi, hiperlipidemia, dan diabetes mellitus. “Penanganan Yang Tidak Tepat Bisa Merusak Sendi dan Ginjal”

Berikut Kandungan dan Khasiat Kulit Manggis dan Daun Sirsak Sebagai Obat Alami Asam Urat

Percayakah Anda Kulit Manggis Mampu Menyembuhkan Asam Urat? Simak Alasannya!

Kulit Manggis
  • obat alami asam urat - Pada beberapa penelitian para ahli dikatakan, Manfaat kulit manggis sebagai obat alami asam urat berkaitan dengan adanya zat xanthone yang mempunyai fungsi untuk mengurangi terjadinya kerusakan sel sebagai akibat dari adanya radikal bebas dalam tubuh. Manfaat kulit manggis sebagai obat alami asam urat dikarenakan adanya kandungan bahan kimia alami yang digunakan sebagai anti peradangan sehingga ini sangat berguna untuk mengobati penyakit asam urat.
  • Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kristal asam urat yang telah menumpuk dan mengkristal dalam persendian tubuh dapat dipecah-pecah menjadi bagian yang lebih kecil sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh kita melalui urin atau kotoran.
  • Kandungan Protein yang tinggi dapat menyehatkan fungsi ginjal. Dengan begitu, ginjal akan berfungsi dengan baik yaitu menyaring zat purin sebagai pemicu terjadinya asam urat.
  • Kandungan kalsium pada kulit manggis juga sangat baik untuk memperbaiki sel tulang/sendi yang rusak akibat asam urat. Dengan begitu asam urat hilang dan tidak akan kambuh kembali.

Daun Sirsak
  • obat alami asam urat - Daun sirsak mempunyai kandungan luar biasa sebagai obat alami asam urat. Menurut pendapat para ahli yang sudah melakukan penelitian pada daun sirsak, dalam daun sirsak terkandung beberapa senyawa yang berkhasiat untuk mengatasi asam urat diantaranya : senyawa tannin, fitosterol, caoksalat, dan alkaloid murisine. Daun Sirsak juga memiliki efek diuretic (peluruh kencing) yang membuat sekresi asam urat melalui urine dapat berjalan lancar. Daun sirsak memiliki sifat anti-inflamasi (menekan peradangan) serta meredakan rasa nyeri yang timbul akibat terbentuknya kristal-kristal asam urat.

Obat Herbal lainnya untuk Penyakit Asam Urat

Obat herbal tidak hanya murah tapi sangat efektif. Anda bisa mencoba komsumsi obat herbal dari daun Salam yang mujarab menyembuhkan penyakit asam urat atau Anda bisa minum jus buah jeruk segar dua kali sehari. Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa jus jeruk meningkatkan vitamin C dalam tubuh. Vitamin C dapat menurunkan asam urat sehingga mencegah Asam Urat. Beberapa resep obat tradisional untuk asam urat :

Khasiat Daun Salam - Obat herbal tradisional Daun Salam baik bagi pengobatan beberapa penyakit,
seperti :
• Sebagai obat alami untuk diare
• Mengatasi lambung yang lemah akibat dari sakit maag
• Mengendalikan tekanan darah rendah atau darah tinggi
• Sebagai obat alami untuk membantu menurunkan berat badan
• Pengobatan untuk kolesterol tinggi
• Untuk mengatasi mabuk alkohol
• Memiliki sifat sebagai antijamur, zat anticacing, dan antibakteri
• Sebagai sumber folat yang baik
• Sebagai media hipoglikemik atau pengontrol kadar glukosa dalam darah
• Mengobati penyakit maag Sebagai obat untuk mengatasi diabetes mellitus
• Mengurangi nyeri pada penderita asam urat tinggi

Tanaman Sambiloto - Sambiloto memiliki nama ilmiah Andrographis paniculata juga dikenal sebagai Andrographis adalah tanaman herba, Andrographis genus, milik keluarga Acanthaceae, asli India dan Sri Lanka. Telah digunakan dalam Siddha tradisional dan Ayurvedic dalam mengobati pilek, flu, infeksi pernapasan atas, penyakit menular, asam urat, diare, disentri, kolera, pneumonia, pembengkakan kelenjar getah bening, kusta, bronchitis, sakit tenggorokan, TBC, cacar air, dll

Tanaman Kumis kucing - Kumis kucing adalah tanaman herbal tradisional yang telah lama dikenal sebagai obat yang berkhasiat sebagai penghancur batu di saluran kencing. Rasanya manis tapi sedikit pahit namun sekarang tak sedikit orang yang suka menanam tanaman obat-obatan seperti ini di halaman atau dipekarangan rumah. Garam kalium terkandung dalam tanaman ini sangat bermanfaat untuk melarutkan batu ginjal, karena tanaman ini banyak digunakan sebagai obat penghancur batu ginjal. kandungan sinsetin-nya juga bersifat sebagai antibakteri, dan tanaman ini juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida. Sifat diuretik tanaman ini berguna untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat Urin.

Resep ramuan tradisional yang cukup ampuh untuk mengatasi asam urat yang tinggi, caranya dengan merebus 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Diminum tiap pagi dan sore.

Untuk pencegahan, 7 lembar daun salam direbus dengan 2 gelas air hingga menjadi satu gelas. minum tiap hari satu gelas.

Pantangannya : jangan mekomsumsi makanan yang ber-purin tinggi.
Contohnya : makanan laut, daging organ dalam, dan junk food.




Artikel Lain :