Sabtu, 10 Agustus 2013


Selama ini sudah banyak hacker dari Indonesia yang terkenal di kancah dunia. 

Dunia peretasan memang bukan hal baru lagi saat sekarang ini. Banyak aksi peretasan yang terjadi dan membuat pihak yang diserang kelabakan serta harus melakukan backup database serta maintenance website yang dimilikinya.

Dari beragam aksi peretasan tersebut, ada beberapa hacker dari Indonesia yang sempat menjadi buah bibir di dunia internasional. Seperti contohnya :

Jim Geovedi

Semenjak kasus Wildan, sang pengganti tampilan situs resmi presiden, Presidensby.info, merebak, beberapa orang mulai mengaitkannya dengan deretan hacker atau peretas top Indonesia zaman dahulu.

Memang, banyak pihak yang mengatakan bahwa ilmu Wildan masih belum bisa dikatakan pro, namun tidak sedikit pula yang mengatakan bahwa dia sudah tergolong pakar.

Terlepas dari pro atau tidaknya Wildan sebagai seorang hacker, beberapa tahun lalu ada seorang peretas dari Indonesia yang berhasil membuat banyak pihak tercengang. Dia bukan meretas bank atau toko online atau sekadar situs milik presiden saja. Yang dia lakukan adalah langsung meretas satelit.

Hacker satu ini bernama Jim Geovedi (Jim.Geovedi.com). Keahlian dia dalam dunia peretasan menjadi pembicaraan banyak pihak, bahkan dia juga pernah menjadi pembicara dalam pertemuan hacker internasional.

Memang aksi peretasan satelit ini bukan dilakukan atas dasar iseng atau sejenisnya. Jim melakukan hal tersebut karena pada tahun 2006 (BBC News - 2006) dia pernah menjadi pembicara atas isu keamanan satelit. Dari hal tersebut, Jim mencoba mempelajari sistem dan proses kerja satelit yang akhirnya dia dapat melakukannya. Tidak hanya dapat mengubah arahnya saja, Jim juga mampu menggeser satelit yang dia 'lumpuhkan' tersebut.

Archive.Cert.Uni-Stuttgart.de pernah mengulas bahwa Jim mendapatkan kemampuan hackernya ini tidak karena sekolah tinggi atau mempunyai gelar IT. Dia mempelajari sistem internet dan komputer secara otodidak dan pergaulannya yang luas dengan hacker-hacker dunia.

Setelah aksinya meretas satelit tersebut, pada bulan Januari 2009 silam (The Register - 2009), hasil penelitian atas kelemahan sistem satelit yang dia dapatkan dijadikan acuan salah satu topik pembicaraan dalam Black Hat Security Conference di Washington, D.C.

Uniknya, Jim tidak mau disebut sebagai pakar IT atau ahli. Dia lebih suka dianggap sebagai pengamat atau partisipan aktif saja. Sekarang ini, Jim menetap di London dan mendirikan perusahaan jasa layanan sekuritas teknologi informasi.

Tentunya, apabila pemerintah mau sedikit jeli, banyak ahli komputer dan IT di Indonesia ini yang mempunyai keahlian di atas rata-rata. Apabila mereka diberdayakan, maka teknologi IT di negara ini tidak akan kalah dengan negara lain.

Hmei7

Hmei7 sempat membuat heboh karena berhasil mengacak-acak situs blogging, Wordpress, beberapa bulan lalu. Tidak hanya Wordpress, menurut catatan di situs Zone-H, Hmei7 telah meretas (deface) ribuan situs di dunia.

Bahkan, eHacking News (02/01), pernah mengulas bahwa dia juga berhasil melumpuhkan lebih dari 5000 website di seluruh dunia hanya dalam waktu 2 hari saja. Karena ulahnya itu, Hmei7 dikenal sebagai Mass Defacer dunia.

Namun, siapakah sosok asli dibalik inisial Hmei7 ini?

Sampai sekarang informasi mengenai hacker satu ini masih simpang siur. Bahkan, Softpedia berhasil mewawancarai seseorang yang mengklaim dirinya adalah Hmei7 (asli), namun ternyata (menurut pihak Softpedia) bukan.

Bahkan ada sebuah blog dengan nama hmei7.blogspot.com. Sayangnya, blog satu ini juga belum dapat dijadikan sebagai bukti sebagai milik dari sang defacer tersebut.

Dari banyaknya data yang beredar di internet, Hmei7 adalah seorang anak kuliahan (mungkin sudah lulus sekarang ini) di salah satu universitas negeri di Malang, Jawa Timur. Background pendidikan di perkuliahannya adalah Diskomvis.

Kabarnya, dia mulai aktif di dunia hacking sejak tahun 2001 silam. Selain di forum-forum, Hmei7 juga kerap hadir di wahana chatting mIRC dengan nick name berbeda.

Selain di mIRC, dia juga sering muncul di Yahoo!Chat Group serta forum-forum yang berhubungan dengan cyber dan teknologi. Dari situlah, Hmei7 mulai belajar banyak dengan mempelajari tutorial, bertanya langsung ke para peretas senior atau juga melakukan praktik langsung.

Setelah mempunyai 'cukup ilmu,' Hmei7 mencoba bergerilya secara luas dan situs pertama yang berhasil dia lumpuhkan adalah website milik IBM.

Menurut Softpedia (15/06), dalam dan setelah melakukan aksinya, Hmei7 memang mengetahui banyak ID dan password di situs yang diserangnya, namun dia tidak ingin mempublikasikan atau menggunakannya. Dia hanya senang melakukan deface dan memajang namanya di halaman utama situs yang bersangkutan.

Menurut data dari Zone-H, sampai sekarang, sudah ada ratusan ribu situs dan blog yang berhasil dia lumpuhkan atau juga dia ganti tampilan depannya. Bahkan dia sempat menduduki peringkat 1 dunia sebagai hacker (defacer) menurut peringkat di Zone-H.

Walaupun banyak situs atau blog yang mengatakan bahwa mereka telah berhasil mengungkap jati diri dari Hmei7, namun sekali lagi konfirmasi tersebut masih terlalu abu-abu karena tidak ada bukti untuk ungkap siapa sebenarnya Hmei7.
Daftar sosial media dan konon real hmei7 ada disini, silakan di cek!




Artikel Lain :