Minggu, 23 Juni 2013

1. Sate
Sate
Makanan indonesia yang terkenal ke seluruh dunia - 1. Siapa yang tidak menyukai makanan yang satu ini. Sate adalah sebuah makanan yang berupa daging baik itu daging ayam ataupun kambing yang dipotong kecil lalu ditusukkan ke sebuah tusuk sate yang biasanya dibuat dari sebuah lidi tulang daun kelapa atau bambu. Yang kemudian dimasak dengan cara dibakar disebuah arang. Daging yang biasa dipakai untuk dijadikan sate pun beragam. Selain menggunakan daging ayam dan kambing, daging yang digunakan juga bisa berupa dagi domba, ikan, sapi dan lain-lain. Sebagai pelengkap, sate ini diberikan sebuah ketupat ataupun lontong serta taburan saus yang dimana saus sate ini pun juga beragam. Jika Anda membeli sate di Padang, tentu Anda tidak akan menemukan sate yang diberi bumbu kacang seperti di Madura.
Dikutip dari Wikipedia, Kata 'sate' atau 'satai' diduga berasal dari bahasa Tamil. Diduga sate diciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar awal abad ke-19, berdasarkan fakta bahwa sate mulai populer sekitar awal abad ke-19 bersamaan dengan semakin banyaknya pendatang dari Arab dan pendatang Muslim Tamil dan Gujarat dari India ke Indonesia. Hal ini pula yang menjadi alasan populernya penggunaan daging kambing dan domba sebagai bahan sate yang disukai oleh warga keturunan Arab.
Sate ini kemudian populer ke negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Sate juga populer di Belanda yang dipengaruhi masakan Indonesia yang dulu merupakan koloninya.
2. Rendang
Masakan Rendang
Makanan indonesia yang terkenal ke seluruh dunia -2. Tidak kalah dengan Sate, rendang juga merupakan sebuah makanan Indonesia yang tersohor di luar negeri. Makanan ini merupakan makanan yang berasal dari Padang. Menjamurnya rumah makan padang sekarang ini dengan menghidangkan menu utama rendang membuat berita luar negri menyampaikan bahwa masakan padang adalah salah satu masakan paling enak di dunia.
Catatan mengenai rendang sebagai kuliner tradisional Minang mulai ditulis secara massif pada awal abad ke-19. Namun, menurut sejarawan dari Universitas Andalas, Padang, Gusti Asnan, rendang patut diduga telah ada sejak abad ke-16.
Ia menjelaskan beberapa literatur yang tertulis di abad ke-19 menyatakan, masyarakat Minang di wilayah darek (darat) biasa melakukan perjalanan menuju Selat Malaka hingga ke Singapura yang makan waktu sekitar satu bulan melewati sungai. Karena sepanjang perjalanan tidak ada perkampungan, para perantau menyiapkan bekal makanan yang tahan lama, yaitu rendang.
Rendang ini adalah makanan berupa masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat.
3. Nasi Goreng
Nasi Goreng
Makanan indonesia yang terkenal ke seluruh dunia - 3. Kuliner satu ini juga bisa dibilang adalah makanan merakyat. Anda bisa menemukan makanan ini di pinggir jalan. Untuk mendapatkan inipun tidak perlu mengeluarkan kocek yang dalam. kecuali jika Anda memesan makanan ini si sebuah resto ataupun hotel.
Dikutip dari Wikipedia, pada tahun 2011 sebuah polling Internet yang diadakan oleh CNN International dan diikuti oleh 35.000 orang menempatkan nasi goreng pada peringkat dua dalam daftar 'Makanan Terlezat di Dunia' setelah rendang.
Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, untuk menciptakan sebuah rasa yang mantap dilidah. Nasi goreng ini lalu diberi bumbu seperti kecap manis, bawang mewah, bawang putih dan lain-lainnya. Tidak ketinggalan, pelengkapnya adalah sebuah suiran ayam atau potongan daging lainnya.

Nasi goreng adalah sebuah komponen penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi Goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng.




Artikel Lain :