Jumat, 28 Juni 2013

Air terjun Dettifoss terletak di Taman Nasional Vatnajokull di timur laut Islandia, dan dikenal sebagai air terjun paling kuat di Eropa.
Dettifoss juga merupakan air terjun terbesar di Eropa dalam hal debit volume air, yang memiliki aliran air rata-rata dari 193 meter kubik per detik. Volumenya sering meningkat, terutama ketika cuaca atau aktivitas vulkanik yang memicu pencairan glasial pada gletser es Vatnajokull. Saking kuatnya, air terjun ini dapat membuat batu di sekitarnya bergetar, dan getarannya bahkan dapat dirasakan dengan tangan.
Dettifoss berlokasi di sungai Jokulsa a Fjollum, yang mengalir dari gletser Vatnajokull dan mengumpulkan air dari area luas di timur laut Islandia. Saat musim gugur tiba, lebar air terjun ini mencapai 100 meter dan menjatuhkan air setinggi 45 meter ke canyon Jokulsargljufur.
Jika dilihat dari barat, pemandangan air terjun akan tampak sepenuhnya, dan dengan berjalan kaki singkat, pengunjung akan sampai di atas lava bendungan dan garis patahan, yang menjadi lokasi strategis dalam melihat air terjun.




Artikel Lain :