Sabtu, 01 Juni 2013

Cara buat password yang aman anti hacker; Sebelum kita mulai, kita harus jelas pada satu hal utama : tidak ada hal seperti password yang sempurna. Seorang hacker yang berpengalaman dapat membobol password, dengan waktu yang cukup dengan program hacker. Tapi sama seperti membobol mobil, jika perlindungan keamanan cukup kuat dan berlapis-lapis, hacker akan patah semangat dan sering menyerah sebelum berhasil membobol.



Dalam tutorial di bawah ini, kami akan menjelaskan cara membuat password yang 1) bukan merupakan kata dalam kamus, atau kata benda, 2) cukup kompleks untuk menggagalkan serangan hacker, dan 3) cukup intuitif bagi Anda untuk mengingat.

  1. Mulai Dengan huruf/kata yang tidak ada dalan kamus.
    Boleh dengan singkatan nama atau nama panggilan yang beda jauh dengan nama asli atau keterangan identitas kalian. Dalam artian harus beda dengan alamat, tanggal lahir, dan lainnya. Yang terpenting juga harus mudah diingat.

    Misal :
    Doni Roger ; pass : dnrgr
    Yogi Supradta ; pass : ygsprdt

  2. Panjangkan kata di password
    Sandi mulai menjadi kuat di 6 karakter. Sementara password yang panjang dapat mengganggu untuk mengetik dan mengingat, tapi sebuah password yang panjang benar-benar membantu untuk memperlambat serangan hacker. Kalian bisa tambahkan nama website dibelakangnya dan disingkat.

    Misal :
    Doni Roger ; pass : dnrgr ; pass : dnrgrgmail
    Yogi Supradta ; pass : ygsprdt ; pass : ygsprdtfcebok

  3. Ganti Beberapa huruf ke Karakter Non-abjad dan angka
    Kekuatan password meningkat secara signifikan ketika Anda mengubah beberapa huruf password ke karakter non-abjad, dan kemudian termasuk huruf besar dan huruf kecil dalam password jika dalam pembuatan password huruf besar dan kecil dibedakan. Karakter symbol yang dibolehkan biasanya @ atau %. Karakter-karakter/symbol-simbol yang tidak biasa dan angka membuat password Anda sulit untuk diprediksi oleh hacker menggunakan serangan database kamus.

    Misal :
    Doni Roger ; pass : dnrgr ; pass : dnrgrgmail ; pass : dnr9r9m4il
    Yogi Supradta ; pass : ygsprdt ; pass : ygsprdtfcebok ; pass : y9sprdtfc3bok

  4. Ubah Password Anda secara teratur setiap minggu/bulan
    Mengubah password secara teratur tentu akan membuat hacker berpikir beribu kali untuk membobol password anda. Dimana untuk membobol password itu memerlukan waktu yang cukup lama. Apalagi passwordnya diganti-ganti. Tentu akan membuat hacker frustasi.

  5. Paling utama dan penting. Jangan memberikan password anda kepada orang lain.

Cara buat password yang aman anti hacker; Sekian semoga membantu!




Artikel Lain :