Jumat, 12 Juli 2013

Sebuah penelitian mengindikasikan bahwa kita perlu makan buah dan sayur lebih sering demi cara buat panjang umur dan menurunkan risiko kematian.

Dalam penelitian yang dilakukan selama 13 tahun di Swedia tersebut, sebanyak 71 ribu responden berusia 45-83 tahun dilibatkan. Mereka pun ditanyai berapa banyak buah dan sayur yang dimakan setiap hari pada awal penelitian, yaitu pada tahun 1997-1998.

Hasilnya, responden yang menikmati buah sekali dalam sehari mampu hidup 19 bulan lebih lama daripada mereka yang tidak pernah makan buah. Kemudian ketika sayuran dinikmati tiga kali dalam sehari, kesempatan hidup juga bertambah 32 bulan lebih lama.

Peneliti bahkan menemukan 11.500 responden yang tidak pernah makan buah dan sayur setiap hari sejak awal riset meninggal di akhir penelitian pada tahun 2010 lalu.

Jadi sebenarnya berapa banyak buah dan sayur yang perlu dikonsumsi untuk cara buat panjang umur dan menurunkan risiko kematian dini?

Sebagaimana dilansir dari Medical Daily, makan buah dan sayur lima kali sehari adalah yang terbaik. Alicja Wolk selaku salah satu peneliti pun menyarankan bahwa porsi sayur sebaiknya diperbanyak daripada buah setiap harinya. Namun keduanya harus tetap dimakan setiap hari.

"Buah cenderung tinggi kalori sementara sayur kaya serat. Jadi keduanya perlu dikonsumsi setiap hari dengan aturan porsi sayur lebih banyak daripada buah," terang Wolk.

Bahkan ketika seseorang punya kebiasaan merokok, minum alkohol, dan jarang berolahraga, peneliti memastikan bahwa makan buah dan sayur tetap memberi manfaat bagi tubuh. Meskipun tentu saja nutrisi maksimal dari buah dan sayur bisa diperoleh jika berbagai kebiasaan buruk tersebut dihilangkan.




Artikel Lain :