Kamis, 04 Juli 2013

Penyebab gangguan layanan BBM - Saatnya pengguna blackberry berpindah kelain hati. BlackBerry mengaku tengah melakukan investigasi terhadap terganggunya layanan kepada pengguna di Indonesia.

Aeran Ismail, juru bicara BlackBerry Indonesia, mengatakan pihaknya tengah mengecek terkait banyaknya keluhan layanan BlackBerry dari pengguna.

"Kami sudah menghubungi sejumlah operator seperti Telkomsel dan lainnya, sejauh ini kami duga gangguan ada pada jaringan operator," ujarnya kepada merdeka.com, Rabu (3/7).

Seperti diketahui,pengguna BlackBerry di Indonesia mengeluh atas terganggunya layanan vendor asal Kanada tersebut, baik e-mail, BlackBerry Messenger, maupun layanan social media lainnya.

Layanan BlackBerry juga tidak bisa diakses pada jaringan Wi-Fi yang tanpa melewati jaringan operator sehingga dugaan awal BlackBerry tersebut bisa jadi tidak benar.

Aeran berjanji akan mengumumkan secara resmi mengenai penyebab terganggunya layanan BlackBerry tersebut begitu investigasi selesai dilakukan.

Sebelum ini, jaringan BlackBerry pernah tumbang selama kurang lebih 8 jam pada Minggu (12/5) pukul 21:00-04.00 WIB.

Perlu diketahui, saat ini juga operator 3G yang meliputi Telkomsel, Indosat, XL, Axis, dan Tri tengah melakukan migrasi kanal 3G di pita 2,1 Hz. Namun belum diketahui secara pasti apakah migrasi 3G itu juga yang menyebabkan terganggunya layanan BlackBerry

Dalam beberapa hari terakhir, pengguna telekomunikasi di Indonesia mengeluhkan leletnya layanan data operator, terutama operator 3G.

Diduga, keluhan atas kualitas layanan operator tersebut dipicu oleh pelaksanaan migrasi kanal frekuensi di pita 2,1 GHz yang sudah berjalan enam pekan.

Keluhan tersebut makin nyaring terdengar hari ini, tepatnya sejak siang tadi sampai sore hari ini, Rabu (3/7).

Berbagai spekulasi pun merebak, antara jaringan BlackBerry yang memang tumbang ataukah migrasi jaringan operator yang menjadi penyebabnya. Di luar migrasi 3G, sejumlah operator juga tengah melakukan modernisasi jaringan 2G-nya.

Meski belum mengetahui penyebab terganggunya layanan BlackBerry Messenger, BlackBerry minta maaf atas terganggunya jaringan di Indonesia dan berjanji akan menggelar penyelidikan atas hal tersebut.

Manajer Humas BlackBerry Indonesia Yolanda Nainggolan mengatakan pihaknya sudah mengetahui mengenai adanya beberapa pengguna BlackBerry di Indonesia yang mengalami gangguan.

"Tim teknis kami sedang menyelidiki hal tersebut dan kami berjanji akan menyampaikan update informasi mengenai terganggunya jaringan BlackBerry tersebut kepada masyarakat," ujarnya.

Pamor BlackBerry yang tengah menurun kinerja keuangannya bisa makin terpuruk dengan adanya gangguan jaringan tersebut. Menkominfo Tifatul Sembiring mengatakan pemerintah Indonesia tak miliki kewenangan memberikan sanksi kepada BlackBerry.

Tumbangnya jaringan BlackBerry Messenger menjadi urusan yang harus diselesaikan antara pihak Blackberry dengan pihak operator.

"Sebenarnya wewenang Kominfo kecuali yang terkait dengan pelanggaran undang-undang, tidak sampai ke sana. Jadi itu urusan 'B to B' antara operator telekomunikasi dengan Blackberry di Kanada," kata Tifatul Sembiring

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Tulus Abadi, mengatakan ribuan konsumen atau pengguna BlackBerry di Indonesia dipastikan merugi dengan terganggunya jaringan ini.

"Jelas mengganggu dan merugikan karena kita sudah bayar layanan BlackBerry, tapi ternyata gangguan," ujarnya pada merdeka.com.

Atas gangguan yang merugikan konsumen tersebut, produsen ponsel pintar Blackberry Research In Motion (RIM) dituntut memberikan kompensasi. Kompensasi dapat berbentuk penambahan hari layanan sebagai ganti rugi.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang IT dan Komunikasi Didie W Soewondho mengatakan masalah jaringan ini dapat terjadi karena beberapa hal, salah satunya karena jaringan yang sudah over crowded.

"Selama kemampuan jaringan tidak diperbaiki maka yang akan disalahkan BlackBerrynya," tuturnya saat dihubungi merdeka.com.

Jika permasalahan jaringan tidak segera diselesaikan oleh RIM dan kembali berulang di masa mendatang maka bukan tidak mungkin BlackBerry akan kehilangan pangsa pasar di Tanah Air. Apalagi saat ini sudah bermunculan varian layanan untuk ponsel pintar lainnya.

Hal ini dibenarkan oleh salah satu pelanggan BlackBerry, Dwininta (23). Seorang pegawai swasta yang memerlukan fasilitas ponsel pintar untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari jelas terganggu akibat kerusakan jaringan ini.

Jika hal ini kembali terjadi, bukan tidak mungkin dia akan beralih menggunakan ponsel pintar lain walau sudah menjadi pengguna setia BlackBerry selama empat tahun.

"Kalau seperti ini terus, mungkin akan berpikir buat ganti handphone," tegasnya.

Gangguan ini terjadi bukan kali ini saja. Pada medio Mei lalu jaringan BlackBerry juga mengalami gangguan akibat perbaikan di regional Asia Pasifik. Permasalahan gangguan di regional ini juga terjadi setahun silam pada bulan Oktober.

Pamor BlackBerry yang tengah menurun akibat buruknya kinerja keuangan bisa makin terpuruk dengan adanya gangguan jaringan tersebut. Seperti diketahui, BlackBerry telah merilis laporan keuangannya di kuartal pertama tahun 2013 di mana mengalami kerugian sebesar USD 84 juta dolar, atau setara dengan Rp 833,6 miliar.

Kerugian BlackBerry ini membuat para investor panik yang membuat saham BlackBerry anjlok hingga 25 persen akibat ramai aksi jual.

Manajer PR BlackBerry Indonesia Yolanda Nainggolan sendiri saat ini sudah menyatakan permintaan maaf kepada pelanggan atas gangguan yang terjadi pada beberapa pelanggan BlackBerry di Indonesia. Penyebab gangguan layanan BBM.




Artikel Lain :