Kamis, 18 Juli 2013


Apakah menyalakan laptop dengan terus memasang adapter akan membuat baterai cepat rusak? Apakah melepas baterai laptop bisa memperpanjang umurnya?


Mungkin dua pertanyaan itulah yang sering timbul dibenak para pengguna laptop terutama pengguna baru perangkat tersebut.
Memang melepas baterai laptop secara otomatis akan memperpanjang umur dari baterai tersebut sendiri.
Dikutip dari Makeusefo, dengan melepas baterai maka pengguna dapat memperpanjang umur baterai tersebut. Dalam website tersebut dijelaskan jika baterai tetap digunakan dan charge dalam posisi penuh, hal ini dapat membuat reaksi kimia dari baterai Lithium-Ion (Li-Ion) yaitu pergeseran ion dari anoda ke katoda dan sebaliknya akan berjalan terus menerus dan memperbesar resiko penurunan kapasitas daya baterai.

Melepas baterai juga dapat menghindari baterai untuk meresap suhu panas yang berlebihan dari laptop yang bisa memperpendek umur baterai. Akan tetapi, kedua hal yang dapat memperpanjang umur baterai tersebut baru akan berfungsi ketika proses pencopotan baterai dilakukan secara benar.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Pastikan Laptop dalam keadaan battery/baterai hampir habis saat dicas
  • Matikan laptop saat proses mengecas
  • Jangan mempergunakan laptop saat dicas
  • Saat pemakaian laptop/Notebook dirumah /pemakain laptop saat ada jaringan listrik langsung, karena pemakaian ini biasanya lama sebaiknya menggunakan power dari charge/cas laptop langsung, jangan menggunakan battery/baterai laptop jadi lepaskan saja baterai laptop/notebook.
  • Atur kecerahan layar laptop, pemakaian kecerahan (brigthness) terlalu banyak atau terlalu cerah juga banyak memakan arus baterai
  • Lebih bijak close/tutup program yang tidak perlu, hal ini juga mampu meminimalisir pemakaian daya baterai
  • Langkah kiat terakhir gunakanlah fitur sleep mode
Itulah cara-cara yang bisa saya bagikan untuk memperpanjang umur batere laptop. Jadi gunakan batere laptop seperlunya saja jika tidak ada colokan listrik. Dan jika penggunaan laptop lama, maka gunakan kipas laptopnya sebagai alas untuk menghindari laptop menjadi panas. 





Artikel Lain :