Selasa, 03 September 2013

DENPASAR–Pemerintah Kota Denpasar pada perekrutan calon pegawai negeri sipil 2013 hanya mendapatkan jatah formasi penerimaan 50 guru dari total 1.613 formasi yang diusulkan pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kota Denpasar Dewa Nyoman Sudarsana, di Denpasar, Rabu, mengatakan 50 guru yang disetujui formasinya oleh KemenpanRB terdiri atas 34 guru kelas dengan kualifikasi pendidikan S1 PGSD dan sebanyak 16 orang guru untuk tingkat kejuruan.

Kepastian formasi tersebut didapatkannya berdasarkan surat persetujuan dari KemenpanRB dengan Nomor R/335/M.PAN-RB/07/2013. Dalam surat itu diterangkan bahwa formasi yang diterima adalah untuk jabatan produktif.

Pada surat yang ditembuskan kepada Gubernur Bali dan Menteri Keuangan Up Dirjen Perimbangan Keuangan itu, yang dimaksud jabatan produktif adalah jabatan guru.

“Usulan yang sebelumnya dilayangkan Pemkot Denpasar yakni formasi untuk tenaga kesehatan dan tenaga teknis ternyata tidak disetujui. Rincian formasi yang diusulkan sebelumnya terdiri tenaga pendidik/guru sebanyak 970, tenaga kesehatan 459 orang dan tenaga teknis 182 orang,” ujar Sudarsana.

Sehubungan minimnya jatah CPNS yang diberikan, pihaknya tidak bisa berkomentar banyak karena kewenangan sepenuhnya ada pada KemenpanRB.

“Prinsipnya kami hanya mengikuti dari kementerian, apa yang diatur dan disetujui, ya itu,” ucapnya menegaskan.

Berdasarkan jadwal yang dilansir dari website KemenpanRB, penetapan persetujuan rincian formasi instansi akan dilakukan pada 20-30 Agustus 2013.

Sedangkan pengumuman dan pendaftaran penerimaan CPNS dimulai 1-20 September 2013 dan tes dijadwalkan pada 29 September hingga Oktober 2013. “Untuk kepastiannya jadwalnya kami masih menunggu,” katanya.

Menurut BKD kota denpasar dibutuhkan 34 guru SD (Guru Kelas diutamakan PGSD), 5 Guru TI untuk SMK, 2 Guru Akutansi untuk SMK, 1 Guru Administrasi Perkantoran untuk SMK, 1 guru Tata Boga untuk SMK, 1 guru Kecantikan untuk SMK dan 2 Guru Tari untuk SMK.

Meskipun formasi CPNS cukup kecil, pihaknya belum bisa memprediksi berapa pendaftar yang akan melamar. Namun, berdasarkan pengalaman periode sebelumnya, jumlahnya mencapai belasan ribu pelamar.

Periode 2009 Denpasar saat itu diberikan jatah 400 CPNS, namun jumlah pelamar mencapai 11 ribu lebih




Artikel Lain :