Minggu, 10 Februari 2013

Kunci sukses
Cara sukses berbisnis tempat makan, buat warung atau tempat makan. Bisnis makanan adalah bisnis yang paling menjanjikan. Karena cuma memerlukan keahlian memasak dan tempat makannya tentunya. Apalagi yang kita tawarkan makanan rakyat yang sudah familiar di lidah orang indonesia. Tentu akan lebih merakyat. Belajarlah dari McD atau KFC yang jauh-jauh dari amrik jualan ayam atau kentang goreng bisa sukses di indonesia. Bahkan sekarang KFC sudah merakyat yang buktinya dengan munculnya pedagang asongan yang berjualan "fren chicken". Begitu saya baca di rombongnya.
Karena itu untuk bisnis tempat makan harus mengutamakan menu yang merakyat dan sesuai dengan lidah orang sekitar. Misalnya di jogja ; Nasi Gudeg. Misal di Bali ; Nasi Lawar Bali, dan lain-lain.
Bisnis tempat makan juga harus mempunyai ciri khas. Contoh pada menu : menu bebek goreng tanpa tulang, yaitu menu yang pertama yang ada di daerah anda. Contoh pada pelayanan : Warung Harga Miring dan minum Gratis. Padahal minuman yang dikasi cuma air putih. Dan kalau bisa di buat spanduk yang bisa dibaca dari radius 100km. Ya kalau bisa ya......
Bisnis tempat makan juga harus ramai. Pencerminan tempat makan, jika tempatnya sepi maka akan makin sepi. Jika memang awalnya ramai maka tempat itu akan semakin ramai. Kalau buka ga mungkin ramai karena belum pada tahu ada tempat makan di tempat anda. Nah agar ramai kalian harus berpikir kreatif. Syukur-syukur kalau tempatnya dekat dengan kantor atau sekolah. Kalau tidak bagaimana caranya. Pikiran kreatif contohnya dengan memacetkan jalan didepan tempat makan anda. Bisa dengan memarkir motor, mobil atau truck sekalian yang entah kalian bisa dapatkan darimana. Kalau sudah macet tentu orang akan penasaran apakah yang membuat macet? Setelah ditengok kanan dan kiri tentu ketemulah penyebabnya yaitu : Warung Harga Miring dan minum gratis. Dengan begitu maka tempat makan anda akan dikenal dan membuat penasaran. Setelah ditengok lagi kedalam ternyata ramai orangnya (Padahal cuma teman kalian yang kalian suruh). Dan membuat orang berpikir kalau makanan disana enak dan murah. Tentu akan membuat orang-orang mampir untuk membuktikannya. Dan berangsur-angsur akan makin ramai.
Sekian cara sukses bisnis tempat makan berdasarkan hasil pengamatan saya dan belum terbukti tentunya. Tapi intinya berbagi karena tidak ada salahnya berbagi untuk kebaikan.

Ingat, Seorang pengusaha harus kreatif! salam penulis.






Artikel Lain :